Monday, April 13, 2009

The Back of The Napkin


"Menyelesaikan masalah dan menjual ide dengan gambar"

A picture is worth a thousand words. Barangkali peribahasa ini tidak terasa asing lagi bagi Anda. Sebuah gambar memancarkan ide jauh lebih banyak daripada tulisan dan bahkan kadang-kadang tidak dapat terdefinisi dengan tulisan. Saat ini, telah hadir buku yang berjudul The Back of the Napkin, karya Dan Roam, di mana dalam buku ini dikemukakan beberapa metode-metode bagaimana cara mengungkapkan ide atau pendapat melalui gambar.

Peristiwa yang melatar-belakangi penulisan buku ini cukup unik. Ceritanya saat itu sang pengarang, Dan Roam tengah menjalani bisnis marketing communications di Rusia. Dilema yang cuma dia hadapi saat itu adalah tidak mampu berbicara dalam bahasa Rusia. Dia bertanya pada dirinya, "Bagaimana bisa saya menjalankan perusahaan komunikasi di sini di mana saya sendiri tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain?"

Jawaban yang cukup brilian yang dia temukan pada saat itu adalah berkomunikasi dengan melalui gambar. Jadi, dia mengungkapkan ide-idenya pada teman-teman Rusianya melalui gambar. Meskipun sesudah dia sudah fasih berbicara bahasa Rusia, Dan Roam tetap masih menggunakan gambar di saat melakukan presentasi bisnis. Barangkali ide ini cocok untuk orang yang bertipe visual.

Berikut ini contohnya bagaimana Anda dapat mengungkapkan ide Anda dengan menggunakan gambar:

Diambil dari http://www.thebackofthenapkin.com/pdf/TBOTN_6x6.pdf

Metode di atas merupakan metode 6 W's. Selain itu ada metode lain yang cukup bagus yaitu SQVID. Kepanjangan dari:
* S - simple vs. elaborate
* Q - quality vs. quantity
* V - vision vs. execution
* I - individual attributes vs. comparison
* D - delta for change vs. status quo
Metode ini menyajikan bagaimana cara membuat perbandingan, pemecahan masalah dan hasil yang hendak dicapai secara kreatif dan analitis.

Sebenarnya masih banyak metode bagus lainnya yang membantu kita bagaimana cara mengungkapkan ide kita melalui gambar dengan baik dan benar. Akan tetapi, dalam artikel ini ditampilkan beberapa metode sebagai contoh betapa kreatifnya Dan Roam. Akhir kata, buku ini secara keseluruhan bagus untuk dibaca dan dipraktekkan. Selamat Membaca.

Referensi:
Website resmi Buku The Back of The Napkin

"Visual thinking means taking advantage of our innate ability to see- both with our eyes and with our mind's eye-in order to discover ideas that are otherwise invisible, develop those ideas quickly and intuitively, and then share those ideas with other people in a way that the simply 'get.' That's it. Welcome to a whole new way of looking at business." Dan Roam

0 comments: