Friday, January 9, 2009

Google membuat router-nya sendiri?






Berdasarkan informasi dari SDTimes, bahwa saat ini google mengembangkan router sendirinya karena ketidak-puasan dengan sistem Juniper yang selama ini dipakainya. Sebagaimana yang dikutip dari SDTimes, rumor ini merebak karena Google frustasi terhadap kemampuan sistem Juniper dalam menangani masalah lalu lintas data. Dalam dunia ini yang mana lalu lintas informasi diprediksi menambah dua kali setiap 6 bulan, dan sangat sulit bagi kita untuk merenungkan mengenai arsitektur mesin yang dapat menopang dirinya sendiri tanpa intervensi dari manusia. Dalam kasus ini, kelihatannya Juniper belum menyediakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan traffic data tersebut, sehingga Google mengambil inisiatif sendiri untuk menginvestigasi dan menyelesaikan permasalahannya.

Meskipun router merupakan komputer sederhana yang dibuat secara khusus untuk menangani paket-paket routing, tetapi tak dapat dibayangkan, bila Google benar-benar jadi mengembangkan router-nya sendiri. Yang jadi pertanyaannya, apakah Google dapat mengembangkan produk yang setara dengan router Juniper seri M atau J yang merupakan generasi terakhir dari platform routing Juniper yang konon memakan waktu ribuan jam dalam pengembangannya, biarpun Google sendiri memiliki insinyur-insinyur kelas dunia?

Baik Google dan Juniper tidak memberikan komentar mengenai rumor tersebut. Sebagaimana yang dikutip dari CNET News, tanggapan Google mengenai rumor tersebut :"Ini adalah kebijakan kita untuk tidak mengomentari pada rumor atau spekulasi semacam itu".

Meskipun demikian, jika benar, hal ini bukanlah kasus yang pertama kali terjadi di Google. Mengingat dua tahun yang lalu, Google mengembangkan produk network 10Gigabit Ethernet switch yang katanya untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka.

Referensi:
1. Is Google building its own router? - http://news.cnet.com/8301-1001_3-10137682-92.html
2. Google building own router to replace Juniper? - http://www.networkworld.com/news/2009/010809-google-router.html?hpg1=bn
3. Google To Doom Juniper - http://www.sdtimes.com/blog/post/2009/01/05/Google-To-Doom-Juniper.aspx

0 comments: