Wednesday, January 7, 2009

Something that you can't rely on is ....

Something that you can't rely on is ....
to wait the fortune come to you

Keberuntungan ibarat sebuah berkah yang dapat datang setiap saat tanpa diketahui oleh sang penerima dan hanya bagi mereka yang telah menyiapkan dirinya barulah dapat merasakan manfaat dari berkah tersebut. Baru-baru ini, saya melakukan aktivitas seorang job hopper dengan berharap memperoleh peruntungan diterima sebagai salah satu karyawan dari suatu perusahaan marketing yang cukup terkenal di dunia International kandas di tengah jalan. Memang, bila dilihat dari latar belakang saya yang teknik kemudian ingin berpindah haluan ke bagian marketing alias punyanya orang ekonomi kayaknya tak nyambung banget. Tapi tak apalah namanya punya hobi aneh yaitu suka di-interview dan juga ingin mencari jenjang karir yang lebih bagus dan jelas, apa salahnya dicoba.

Rasa sakit hati dan kesal pun melanda batinku. Tapi, di setiap kekalahan pasti ada pelajaran yang dapat dipetik. Saya teringat oleh perkataan teman saya yang juga kebetulan gagal di tes ini dan menyatakan bahwa dia tidak diterima di perusahaan tersebut karena itu bukan rejekinya. Tapi bagiku datang tidaknya rejeki ke diri kita sangat tergantung pada diri kita. Alam semesta ini setiap hari terus memberikan kita rejeki, tapi diri kitalah yang belum siap menerima rejeki tersebut. Ambil contoh yang kasus saya gagal di acara perekrutan ini, saya merasa diri saya belum terbiasa mengejarkan soal-soal statistik alias yang berhubungan dengan cara menganalisa tabel data yang diberikan sehingga hasil yang saya kerjakan kurang bagus dan tidak diterima. Jadi saya sebenarnya telah diberikan peluang/rejeki untuk sukses dalam tes tersebut, tapi kemampuan saya tidak mendukung untuk berhasil. Ini bisa jadi pelajaran yang berharga bagi saya untuk memulai membiasakan diri mengerjakan soal-soal statistik.

Memang sebagai jadi manusia bukanlah sebuah hal yang mudah. Setiap saat kita butuh suatu usaha persiapan diri untuk berhasil. Keberuntungan tersebut bukan ditunggu tapi dikejar, pernyataan ini berdasarkan inspirasi saya setelah menonton film The Pursuit of Happyness (cukup baik untuk ditonton minimal tambah semangat). Akhir kata, semoga temanku tersebut sadar bahwa keberuntungan dan kebahagiaan adalah hasil pencapaian bukan rejeki jatuh dari langit.

0 comments: